iklan

Jangan Anggap Sepele Bund.. Mengapa Bayiku Hanya Panas di Bagian Kepala Saja, Apakah Ini Demam?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Demam adalah salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh anak yang kerap kali membuat para Ibu panik. 

Bagaimana jika bayi demam di bagian kepala? Apakah itu bisa disebut dengan demam? Bagaimana cara mengatasinya?.
Bagian kepala bayi ternyata memang cenderung lebih hangat. Menurut dr. Yusi Caprianti seperti dilansir dari situs alodokter.com,bagian kepala pada bayi memang terasa lebih hangat karena kulit kepala bayi tipis. 

Banyaknya pembuluh darah pada bagian kepala membuat kepala bayi memang lebih hangat daripada tubuhnya. Jadi, Ibu sebaiknya mengecek suhu tubu si kecil dengan menggunakan alat ukur yang tepat dibanding hanya merasakan panas di bagian kepala saja.
Dikutip dari American Academy of Pediatrics, bayi bisa dikatakan mengalami demam jika dilihat dari suhunya.
Normalnya, suhu tubuh bayi berkisar antara 26 derajat Celcius sampai 28 derajat Celcius. Lebih dari itu, bayi bisa dibilang sedang mengalamai demam.
Mengukur demam paling tepat adalah menggunakan termometer yang dikepit di ketiak atau dimasukkan ke dubur. Perlu Ibu ketahui bahwa demam merupakan gejala infeksi yang terjadi pada anak.
Infeksi bisa terjadi pada bagian tubuh manapun. Maka untuk mengatasinya, Ibu perlu memberikannya waktu beristirahat yang cukup. Memberinya tempat yang nyaman akan membantu si kecil tidur dengan cukup. Memberinya asupan cairan juga penting untuk membantunya melawan infeksi.
Hindari pemberian pakaian yang tebal karena panas akan membuat suhu tubuh mereka menjadi naik.
Apakah si kecil butuh penurun panas?
Jika anak demam namun tidak menunjukkan tanda-tanda sakit yang berlebihan ada baiknya Ibu hanya membiarkan ia untuk beristirahat. Ibu perlu memberinya obat jika suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celcius.
Pemberian obat penurun panas pada bayi pun harus menurut rekomendasi dokter. Berikan obat penurun panas jika si kecil terasa tidak nyaman, lesu dan tidak dapat menerima cairan seperti ASI atau makanan lainnya.
Demam yang berlangsung terus selama beberapa hari juga menjadi tanda Ibu harus segera membawanya ke dokter.
Bayi yang perlu perawatan lebih lanjut biasanya menimbulkan tanda-tanda sakit lain selain demam misalnya batuk tak kunjung sembuh. Bayi yang mengalami tanda dehidrasi saat demam juga sebaiknya Ibu waspadai. Ibu perlu sesegera mungkin membawanya ke dokter.

Sumber : http://www.tribunnews.com/kesehatan
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Jangan Anggap Sepele Bund.. Mengapa Bayiku Hanya Panas di Bagian Kepala Saja, Apakah Ini Demam?"

Posting Komentar